Peristiwa Bersejarah di Tanggal 11 Juli: Menyusuri Jejak Sejarah Dunia

Tanggal 11 Juli menyimpan banyak peristiwa bersejarah yang berpengaruh besar terhadap perjalanan umat manusia. Dari peristiwa besar yang mengubah arah sejarah hingga tragedi yang menggetarkan dunia, berikut adalah beberapa kejadian penting yang terjadi pada tanggal 11 Juli.

1. Penetapan Hari Populasi Dunia

Setiap tanggal 11 Juli, dunia memperingati Hari Populasi Dunia yang ditetapkan oleh Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB) pada tahun 1989. Tujuannya adalah untuk meningkatkan kesadaran tentang isu-isu populasi global seperti perencanaan keluarga, kesetaraan gender, kemiskinan, kesehatan ibu, dan hak asasi manusia. Peringatan ini pertama kali diadakan pada tahun 1990​ (EarthSky)​.

2. Traktat Ghent: Mengakhiri Perang 1812 (1814)

Pada tanggal 11 Juli 1814, Inggris dan Amerika Serikat menandatangani Traktat Ghent yang mengakhiri Perang 1812. Perang ini adalah konflik militer yang terjadi antara kedua negara dan berakhir dengan penandatanganan perjanjian damai ini, yang menandai berakhirnya permusuhan dan pembukaan kembali jalur perdagangan.

3. Kecelakaan Pesawat TWA Penerbangan 800 (1996)

Tanggal 11 Juli 1996 menjadi hari kelam ketika pesawat TWA Penerbangan 800 mengalami kecelakaan di Samudra Atlantik dekat Long Island, New York. Semua penumpang dan awak pesawat tewas dalam insiden tragis ini, yang menyebabkan penyelidikan besar-besaran untuk menentukan penyebab kecelakaan​ (Live Mint)​.

4. Pertempuran La Hogue: Kekalahan Armada Prancis (1690)

Pada tanggal 11 Juli 1690, armada Inggris mengalahkan armada Prancis dalam Pertempuran La Hogue selama Perang Sembilan Tahun. Kemenangan ini memastikan dominasi angkatan laut Inggris dan mengamankan jalur perdagangan maritim mereka.

5. Lahirnya John Quincy Adams (1767)

John Quincy Adams, Presiden keenam Amerika Serikat, lahir pada tanggal 11 Juli 1767. Dia dikenal sebagai diplomat ulung dan perannya dalam merumuskan doktrin Monroe yang menentang kolonisasi Eropa di Amerika.

6. Penyerangan terhadap PBB di Baghdad (2003)

Pada tanggal 11 Juli 2003, kantor PBB di Baghdad, Irak, diserang oleh teroris, menyebabkan banyak korban jiwa dan kerusakan besar. Serangan ini menandai peningkatan kekerasan di Irak pasca-invasi AS.

7. Deklarasi Kemerdekaan Mongolia (1921)

Mongolia mendeklarasikan kemerdekaannya dari Tiongkok pada tanggal 11 Juli 1921. Kemerdekaan ini diakui secara internasional pada tahun 1946, menjadikan Mongolia sebagai negara yang berdaulat penuh.

8. Tragedi Srebrenica (1995)

Pada tanggal 11 Juli 1995, pasukan Serbia Bosnia memasuki Srebrenica dan melakukan pembantaian lebih dari 8.000 pria dan anak laki-laki Muslim Bosnia. Peristiwa ini menjadi salah satu tragedi paling kelam dalam perang Bosnia dan diakui sebagai genosida oleh pengadilan internasional.

9. Duel Alexander Hamilton dan Aaron Burr (1804)

Alexander Hamilton, salah satu Bapak Pendiri Amerika Serikat, terluka parah dalam duel dengan Aaron Burr pada tanggal 11 Juli 1804, dan meninggal keesokan harinya. Duel ini merupakan salah satu peristiwa paling terkenal dalam sejarah politik Amerika.

Dengan rangkaian peristiwa bersejarah ini, tanggal 11 Juli menandai berbagai momen penting yang telah membentuk perjalanan sejarah dunia. Dari diplomasi internasional hingga tragedi kemanusiaan, setiap peristiwa memberikan pelajaran berharga bagi generasi berikutnya.

Verified by ExactMetrics