Mengapa menggunakan wordpress ?

Mengapa saya menggunakan WordPress

Menggunakan wordpress sebagai layanan jasa pembuatan website untuk client yang membutuhkan website untuk beragam kebutuhan


Mengapa saya menggunakan wordpress sebagai platform standart dalam pembuatan segala jenis website ? pada mulanya, saya menyediakan layanan web custom menggunakan framework PHP seperti CI atau Laravel, namun setelah perjuangan panjang dan setelah sering berinteraksi dengan client ataupun calon client, ada beberapa alasan dari beberapa sisi. Antara lain :

Sisi Client

  • Tingkat pemahaman teknis

Seringkali, client memiliki pemahaman teknis yang minimal, hal ini sering saya temui saat proses interview tentang kebutuhan mereka. Sehingga seringkali saya harus menjelaskan secara detail, apa saja kebutuhan untuk pembuatan web, kadang client tidak memahami bahwa mereka membutuhkan hosting dan domain yang harus mereka bayar tiap tahun, untuk penjelasan ini, saya selalu menghindari kata "beli hosting dan domain" dan menggantinya dengan kata "sewa hosting dan domain"

Semakin minimal pengetahuan client tentang teknologi ini, semakin saya menghindari pembuatan website custom dari nol dan mengarahkan client untuk menggunakan wordpress atau menghindari pembahasan pembuatan web yang fully custom dari nol, salah satu alasan utama adalah karena wordpress memiliki UI standart dan relatif mudah digunakan karena banyak tutorial penggunaannya di internet

  • Budget

Saya biasakan untuk menanyakan budget yang dianggarkan oleh client, jika budget client dibawah 25juta, saya selalu menyarankannya untuk menggunakan wordpress. Perhitungan saya sederhana, mengerjakan web custom full dari desain sampai proses pemrograman, memerlukan langkah yang panjang dan membutuhkan waktu 3 bulan atau lebih, itu belum termasuk pengujian keamanan, debugging, dan jika kita salah membaca kebutuhan client di awal maka kadang kita harus melakukan perombakan besar ditengah proses (yang sering terjadi karena client memandang sederhana proses tersebut) miss persepsi ini sering terjadi jika kita mengabaikan asumsi client karena kita juga berasumsi yang penting dapet order dulu.

Satu contoh sederhana, saat client minta dibuatkan web catalog, saya coba tanya kenapa tidak sekalian dijadikan e-commerce ? client menjawab enteng, "ah gampang, sekarang kita cuman butuh yang simpel-simpel aja, kan nanti kalau butuh buat jualan tinggal tempel tombol belanja kan beres" bisa dibayangkan jika dengan perancangan yang seadanya karena budget seadanya, kita akan kesulitan di belakang hari.

  • Timeline

Timeline seringkali menjadi pertimbangan utama dalam menentukan model pengerjaan dan harga, Namun yang terutama menjadi dasar apakah saya akan menawarkan wordpress atau web custom. Seringkali client memiliki timeline pendek dan mendesak, atau bahkan timeline terlalu panjang (dengan budget pas-pasan) untuk 2 model ini saya selalu menyarankan penggunaan wordpress

Sisi Web Designer

  • Timeline

Mudah dan cepat diimplementasikan, jika dibutuhkan plugin baru, kita bisa dengan "mudah" membuat plugin karena sudah ada standart bakunya. Saya pernah harus menyelesaikan system ticketing untuk konser musik hanya dengan tenggat waktu 1 minggu termasuk implementasi payment gatewaynya. Bisa dibayangkan jika anda harus mengembangkan sistem tersebut dari nol, Anda harus menguji integrasi dengan payment gateway, harus memastikan bahwa tidak ada tahapan yang tidak sesuai standart dalam melakukan pembelian tiket dan lain sebagainya.

  • Efektif dan efisien

Jika anda memiliki pemahaman teknis tentang server, database, backend, html, css, dan sedikit javascript anda bisa mengantisipasi seluruh kemungkinan dengan cepat karena banyak faktor sudah disediakan oleh wordpress. Dari sisi script apakah efisien ? bisa jadi tidak, karena wordpress dibuat untuk memenuhi general requirement bukan untuk specific function yang membuat wordpress memiliki prosedur yang kadang tidak kita butuhkan untuk satu fungsi web tertentu.

Yang paling utama adalah, kita bisa fokus pada 2 hal, yaitu desain konten dan fungsi, untuk pengembangan fungsi dan efektifitas, kita tinggal mempelajari plugin yang sesuai kebutuhan kita, atau kadan menambahkan plugin untuk kebutuhan spesifik klien, tanpa harus mengembangkan bagian-bagian standart lainnya.

Hal lain yang merupakan hal esensial adalah, 1 pemain bisa menghandle 2 project sekaligus jika dia cukup mumpuni. Tidak dibutuhkan banyak team pendukung.

  • Works well di shared hosting

Yang paling utama dalam mengembangkan web, adalah web bisa jalan dengan sempurna di shared hosting karena kadang client merasa keberatan dengan harus membayar harga sewa VPS dan harus diribetkan dengan setting server customize yang mengharuskan penambahan timeline

Yang bisa kita lakukan dengan WordPress

Full Development Digital Product

Jika anda ingin membuat satu startup namun memiliki basis pendanaan minimal, wordpress bisa dijadikan stepping stone untuk web development versi 1. Hingga anda bisa deploy startup dengan cepat agar bisa monetize lebih cepat

Fully Funcionally Mockup

Anda bisa membuat mockup Product yang berfungsi secara penuh dan mempresentasikan workflow ide startup anda menjadi produk siap jual untuk investor dan konsumen

3 hal yang harus anda pahami

Tidak ada final product dalam digital product

Produk digital seperti platform, website, bahkan company profile web anda, harus bertumbuh seiring waktu, karena tanpa pertumbuhan dan perubahan, produk anda akan kedaluarsa .

Tidak ada yang sederhana dalam pemrograman

Membuat alur program, melakukan coding, testing, dan bug fixing bukanlah pekerjaan yang mudah meskipun terlihat sederhana. Jadi hargai usaha para pengembang dengan baik.

What you pay is what you get

Selalu hargai dengan baik apa yang bisa orang lain lakukan dan anda tidak bisa melakukannya.

error: Alert: Content selection is disabled!!