Mencintai dan beradaptasi

Dalam hidup, saat kita menghadapi masa tersulit dalam perjalanan hidup dan orang-orang yang seharusnya mendukung kita memiliki pilihan dan jalan sendiri, apa yang bisa kita lakukan ? Beradaptasi! menyesuaikan rencana jangka panjang, kadang harus mengubur impian.

Mengorbankan impian jangka panjang meskipun sebenarnya itu kamu pikirkan untuk orang-orang yang kamu cintai, sekedar untuk bertahan dan bisa bernafas dalam 1-5 tahun ke depan meskipun sepertinya tidak layak, tapi pantas untuk dilakukan! Karena mereka adalah orang-orang yang sangat kamu cintai. Mengorbankan impianmu demi keinginan mereka selalu layak untuk dilakukan.

Sekitar tahun 1991, aku harus mengubur passionku untuk mengikuti jalan yang dipilih oleh orang lain. Dan pada akhirnya aku hanya berkutat dalam passionku.

Tahun 2002, aku harus meninggalkan semua yang aku bangun demi membangun sesuatu yang lebih baik. Meskipun untuk itu aku harus mengulang semua dari nol lagi.

Tahun 2008, aku meletakkan pondasi yang sedang aku susun dalam bentuk catatan yang pada tahun berikutnya aku serahkan mimpi itu kepada investor yang berakhir pada 2016

Saat ini, sepertinya aku harus menyerahkan mimpi dan rencana terakhirku ….. demi waktu dan orang-orang yang aku sayangi