Keyboard, investasi atau pemborosan ?

Keyboard, alat kerja yang selalu bikin gedeg, karena beberapa keyboard membrane dan mekanik sudah aku coba. Pada awalnya aku tidak terlalu memperhatikan, yang aku utamakan adalah kebersihan dari meja kerjaku. Karena itu aku cari keyboard dan mouse wireless.

Budget awal untuk keyboard adalah, maksimum 250.000, makanya aku coba beragam merk, mulai dari logitech, a4tech, robot. Untuk Logitech bahkan mencoba banyak keyboard, mulai dari MK220, MK240, MK275, K480, dan terakhir K380. semua keyboard ini menggunakan switch membrane. Sebenarnya dari sisi performance semua keyboard ini tidak ada masalah, bahkan mungkin K380 adalah best membrane keyboard yang pernah tak pakai. Namun keyboard ini memiliki satu kelemahan, kadang feeling mengetik agak hilang karena suaranya pelan dan sense pada saat menekan tombol di keyboard terasa nanggung.

Aku tertarik coba keyboard mekanik dan menjatuhkan pilihan pada digital alliance meca 5, pilihannya switchnya ada pada oetemu blue switch. Disitu aku menemukan yang hilang dari perasaan mengetik di tahun 90an. hanya saja suaranya terlalu berisik, keyboard ini aku beli di harga 500 ribuan. Setelah pemakaian 1 tahun lebih, aku tertarik switch ke yang wireless dan pilihan jatuh ke meca air yang harganya kurang lebih sama dengan meca 5. Tapi di meca air ini aku mencoba red switch, yang lebih lembut dan tidak terlalu berisik.

Keyboard ini, apakah investasi ? iya. karena aku coba banyak keyboard yang range harganya nggak terlalu murah juga. Dari beberapa banyak hal, kenyamanan keyboard merupakan kunci dari berapa lama kamu bikin tulisan atau artikel. dan sejujurnya keyboard yang nyaman akan membawa kamu untuk betah berlama-lama didepan word processor maupun article editor di website. Saat ini aku pakai keyboard 68 key yang cukup enak dan nyaman dipakai. karena keyboard terlalu besar juga kurang efektir dalam penggunaan.Meca air dan K380 memiliki jumlah kunci yang mirip.

Kenyamanan 2 keyboard ini membuat aku betah ngetik dan bekerja. hanya saja meca air membuat sense ngetik begitu lengkap. sedangkan k380 sebenarnya lebih unggul dalam koneksi bluetooth, sedangkan meca air sering ada jeda saat setelah standby harus digunakan.